THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

GUNADARMA UNIVERSITY

Selasa, 02 November 2010

Pemasaran

1.  Pengertian Pasar dan Pemasaran:
Pengertian pasar secara umum dan sering dikenal adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Sedangkan perngertian pasar menurut pemasaran adalah kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli, dan berniat merealisasikan pembelian tersebut.
Pengertian pemasaran pada umumnya sering diartikan dengan penjualan, sebenarnya pemasaran berarti lebih luas dari kegiatan penjualan. Secara umum kegiatan pemasaran adalah kegaiatn pemasar untuk menjalankan bisnis (profit dan nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga , mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Jenis-Jenis Pasar:
A.  Penggolongan pasar menurut struktur (banyaknya penjual)
§  Pasar Persaingan Sempurna
-  ciri-ciri pasar persaingan sempurna:
1.  Ada banyak penjual.
2.  Barang dan jasa yang diperjual belikan bersifat homogen.
yang dimaksud produk yang homogen adalah produk yang mampu memberikan kepuasan atau utililitas kepada konsumen tanpa perlu mengetahui siapa produsennya.
3.  Produsen bebas keluar masuk pasar.
4.  Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar.
5.  Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan / informasi sempurna.
Contoh: Kegiatan pertanian.
. Pasar Monopoli
-  ciri-ciri pasar monopoli:
1.  Hanya satu penjual.
2.  Barang yang diporoduksi unik.
3.  Ada halangan bagi produsen lain untuk memasuki pasar
4. Kemungkinan untuk keluar masuk pasar tidak mungkin.
5. Kekuasaan untuk menentukan harga sangat besar.
Contoh:  Kereta, telepon, dll.
§  Pasar Oligopoli
-  Ciri-ciri pasar oligopoli:
1.  Ada beberapa produsen yang menguasai pasar, baik secara
sendiri-sendiri (independen) maupun bersama.
2.  Output yang diproduksi sejenis.
3.  Ada hambatan bagi produsen baru untuk memasuki pasar.
4.  Jenis barang yang dijual homogen/ berbeda corak.
5.  Kurva permintannya patah ( kinked demand curve)
Contoh: Perusahaan baja, mobil.
§  Pasar Persaingan Monopolistik
-  ciri-ciri pasar persaingan monopolistik:
1.  Ada banyak penjual atau produsen.
2.  Barang dan jasa bersifat homogen terdiferensiasi.
3.  Tidak ada hambatan bagi produsen baru untuk memasuki pasar.
Contoh:  Perusahaan pakaian, sabun, perabot rumah.
B.  Penggolongan pasar berdasarkan cara melakukan transaksi:
§  Pasar konkret
§  Pasar Abstrak
C.  Penggolongan pasar berdasarkan jenis barang dan jasa dipasar:
§  Pasar Barang Konsumsi
§  Pasar Barang Produksi
D.  Penggolongan pasar berdasarkan luas jangkauan pemasaran:
§  Pasar Lokal
§  Pasar Nasional
§  Pasar Internasional
E.  Penggolongan pasar berdasarkan waktu terjadinya transaksi:
§  Pasar Harian
§  Pasar Mingguan
§  Pasar Bulanan
§  Pasar Tahunan
§  Pasar Temporer
3.  Konsep-konsep Inti Pemasaran:
-  Konsep Produksi:
Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada proses produksi (internal) bahwa konsumen hanya akan membeli produk-produk yang murah.
-  Konsep Produk:
Adalah anggapan pemasar bahwa konsumen lebih menghendaki produk- produk yang berkualitas atau berpenampilan baik.
-  Konsep Penjualan:
Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada tingkat penjualan (internal) bahwa konsumen perlu dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehingga tercapai profit maksimum sebagai tujuan perusahaan.
-  Konsep Pemasaran:
Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan (eksternal) bahwa konsumen hanya akan bersedia membeli produk- produk yang memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan.
-  Konsep pemasaran yang masyarakat (sosial):
Adalah anggapan pemasar bahwa konsumen hanya bersedia membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan lingkungan sosial konsumen.
4.  Manajemen Pemasaran
-Falsafah manajemen pemasaran
Terdapat 5 falsafah/pedoman yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk menjalankan aktivitas pemasaran, yaitu:
•  Production Concept
Konsumen lebih menyukai produk yang tersedia secara luas dan murah harganya .
•  Product Concept
Konsumen menyukai produk produk yang menawarkan kualitas, dan kinerja terbaik, serta fitur fitur yang inovatif .
•  Selling Concept
Konsumen dan pebisnis hanya akan membeli produk yang melakukan usaha usaha pemasaran yang aktif. Konsumen tidak akan membeli jika tidak ada usaha pemasaran yang gencar.
•  Marketing Concept
Kunci pencapaian sasaran organisasi adalah seberapa efektif suatu perusahaan dalam menciptakan, menyampaikan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang lebih superior kepada target pasarnya disbanding dengan pesaingnya.
. Holistic Marketing Concept
Merupakan konsep menyeluruh atas relationship marketing, integrated marketing, internal marketing, social responsibility marketing 
a. Relationship Marketing: 
• ii. Sasaran kunci pemasaran adalah mengembangkan relationship secara mendalam dan abadi dengan semua orang atau organisasi yang dapat mempengaruhi secara langsung maupun tidak langsung keberhasilan aktivitas pemasaran perusahaan.
• iii. Relationship marketing memiliki tujuan membangun secara bersama-sama relationship jangka panjang yang memuaskan dengan pihak pihak kunci, seperti: customer, supplier, distributors, dan partner pemasaran lainnya, sehingga mampu menghasilkan dan mempertahankan bisnisnya.
•  Integrated Marketing: 
Pemasaran terintegrasi yang memadukan:
• i. Product
• ii. Price
• iii. Place
• iv. Promotion:
•  Advertising
•  Sales promotion
•  Events and experiences
•  Public relations
•  Direct marketing
•  Personal selling
•  Internal Marketing: 
Pemasaran internal merupakan tugas memilih, melatih, dan memotivasi pekerja/employee yang ingin melayani pelanggan secara baik.
•  Social Responsibility Marketing: 
Pemahaman akan wawasan yang luas serta etika, lingkungan, hokum, dan social dalam konteks aktifitas dan program pemasaran.
5.  Bauran Pemasaran
-  Produk merupakan salah satu komponen bauran pemasaran yang terpenting. Keberadannya merupakan penentu bagi program bauran pemasaran yang lain, misalnya penentuan harga, progran promosi, maupun kegiatan pendistribusiannya. Selain itu produk adalah sesuatu yang esensial yang mampu untuk memenuhi kebutuhan pasar. Oleh karna itu pengertian produk harus mempertimbangkan pandangan produsen maupun pandangan pasar. Produk adalah segala sesuatu (meliputi obyek fisik, jasa, tempat, organisasi, gagasan, ataupun pribadi) yang dapat atau mampu ditawarkan produsen untuk diminta, dicari, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan dan keinginannya.
-  Pengertian Harga
Harga adalah nilai pertukaran atas manfaat produk (bagi konsumen maupun bagi produsen) yang umumnya dinyatakan dalam satuan moneter (rupiah, dollar, yen, dan sebagainya). Harga terbentuk dari kompetensi produk untuk memenuhi tujuan dua pihak: produsen dan konsumen. Produsen memandang harga adalah sebagai nilai barang yang mampu memberikan manfaat keuntungan diatas biaya produksinya (atau tujuan-tujuan yang lain, misal keuntungan). Konsumen memandang harga adalah sebagai nilai barang yang mampu memberikan m,anfaat atas pemenuhan kebutuhannya dan keinginannya (misal: hemat, prestis).
-  Pendistribusian
Adalah kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar serta mempermudah penyampain produk dan jasa dari produsen kepada konsumen sehingga pengunannya sesuai (jumlah, jenis, harga, tempat) dan saat dengan yang diperlukan. Distribusi yang efektif akan memperlancar arus atau akses barang oleh konsumen sehingga dapat diperoleh kemudahan memperolehnya. Dengan distribusi dapat diatasi kesenjangan antara produsen dan konsumen. Proses pendisribusian merupakan kegiatan pemasaran yang mampu:
§  Menciptakan nilai tambah produk melalui fungsi-fungsi pemasaran
marketing function).
§  Memperlancar arus saluran pemasaran (marketing-channel flow) secara fisik dan non fisik.
-  Promosi
Merupakan perangsang bagi konsumen untuk segera melakukan pembelian umumnya bersifat jangka pendek.
6.  Tujuan Sistem Pemasaran:
1. Memaksimalkan konsumsi
2.Memaksimalkan kepuasan konsumen
3. Memaksimalkan kepuasan konsumen
4. Memaksimalkan kualitas hidup:
Termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang mutu lingkungan fisik,dan mutu lingkungan kultur.
7.  Pendekatan Dalam Mempelajari Sistem Pemasaran:
§  Pendekatan Seba Fungsi
Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu :pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading, pengumpulan informasi pasar.
§  Pendekatan Serba Lembaga
Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen, suplier, perantara dagang.
§  Pendekatan Serba barang (Pendekatan Organisasi Industri)
Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri.
§  Pendekatan Serba Manajemen
§  Dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang Diambil.
§  Pendekatan Serba Sistem
§  Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga.

Sumber:
www.google.com/search

0 komentar:

detiknews - detiknews

Kaskus - The Largest Indonesian Community

Apple Hot News